LP3M

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu

Penyegaran Instruktur Pekerti AA

2016-01-05 11:46:45

Program pelatihan dan penyegaran Instruktur yang dimotori oleh Dr.Sudarman,S.Pd.M.Pd sebagai Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan Universitas Mulawarman memberikan arah terhadap peningkatan program PEKERTI dan AA.

Program Peningkatan Ketrampilan dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) danmprogram APPLIED Approach (AA) merupakan dua buah program pelatihan yang dapat dimanfaatkan dalam rangka peningkatan kompetensi professional dosen dalam memangku jabatan funsional, terutama dalam peningkatan ketrampilan pedagogis. Program Pekerti ditujukan untuk dosen pemula agar menguasai konsep- konsep dasar dalam pembelajaran dan memiliki kemampuan mengajar yang memadai. Sementara itu, program AA ditujukan untuk dosen senior agar memiliki wawasan dan ketrampilan untuk mengembangkan kualitas proses belajar dan hasil belajar mahasiswa.

Program tersebut dikawal oleh punggawa yang tersertifikasi untuk membidangi berbagai topik bahasan dalam konten pelatihan yang dilaksanakan. Materi Program Peningkatan Ketrampilan dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan program APPLIED Approach (AA), mengikuti alur perubahan kurikulum yang ada, mulai dari kurikulum berbasis kompetensi hingga kurikulum berbasis KKNI.

Berkenaan dengan peningkatan kualitas dan kapabilitas, LP3M melakukan upaya peningkatan kualitas instruktur yang berada dibawah naungan gugus pekerti- AA melalui pelatihan penyegaran fasilitator Pekerti – AA Universitas Mulawarman yang merupakan kegiatan yang dirancang dalam untuk membekali kompetensi instruktur yang memiliki pemahaman terhadap kurikulum, materi pelatihan dan program pemanduan dan pembimbingan peserta.

Penerima manfaat dari kegiatan ini adalah Dosen Fasilitator Pekerti-AA, bagi dosen peserta, hasil dari kegiatan ini akan memberikan tambahan kemampuan pemahaman terhadap kurikulum, materi pelatihan dan program pemanduan dan pembimbingan peserta.

Materi yang diberikan dalam kegiatan penyegaran ini adalah

 Model Quality Assurance dalam Pembelajaran

 Struktur Materi Pekerti dan AA

 Sinkronisasi KKNI Dan SNPT Dengan Materi Pekerti Dan AA

 Revisi Bahan Bahan Ajar Pekerti dan AA

 Penyusunan Instrumen Pelatihan

 Program Pemanduan dan Bimbingan Peserta