LP3M

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu

Tentang Kami | Sejarah

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LP3M) Universitas Mulawarman awal berdirinya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Mulawarman nomor :  155/OT/2005 pada tanggal 26 Mei 2005, berdirilah UPT. Pusat Pengembangan Akademik (Academic Advancement Center) Kemudian berdasarkan SK Rektor nomor : 289/OT/2005 tanggal 10 Oktober 2005 dirubah namanya menjadi UPT. Pusat Penjaminan Mutu (Quality Assurance Center) Universitas Mulawarman yang disingkat dengan UPT. PPM UNMUL.

LP3M Universitas Mulawarman dideklarasikan oleh Rektor Unmul pada acara Wisuda tanggal 27 September 2005 di depan para anggota senat Unmul, para staf pengajar, dan wisudawan Unmul serta para eksekutif dan legislatif Provinsi Kalimantan Timur.

Sistem dan Organisasi Pusat Penjaminan Mutu dikembangkan mengikuti  Organisasi Penjaminan Mutu yang dikembangkan di Universitas Mulawarman (UNMUL) mengikuti sistem organisasi yang telah disepakati oleh 12 Perguruan Tinggi negeri yang berada di bawah payung Indonesia bagian Tengah. Kedua belas Perguruan Tinggi tersebut adalah : (1) Unsoed, (2) Unair, (3) Unej, (4) Unlam,  (5) Unpar, (6) Undip, (7) UNS, (8) Untan, (9) Unmul, (10) Unibraw, (11) Univ. Trunojoyo, dan (12) UGM.

Berdasarkan SK Rektor No. 304/PP/2005 tanggal 26 Oktober 2005, Susunan Pengurus LP3M Universitas mulawarman terdiri dari: Pelindung adalah Rektor Unmul, Penanggung Jawab adalah PR I Unmul Penasehat  adalah Pembantu Rektor II, III dan IV. Sedangkan Ketua LP3M adalah Prof. Dr. H. Rahmat Soeoed, MA., sekretaris Drs. Azainil, M.SI. dan bendahara adalah Dr. Ir. Enih Rosama, M.Sc., dibantu dengan 2 unit Pengembangan, yaitu Pengembangan  dan Pelatihan Akademik akademik yang dikoorditor oleh Prof. Dr. Hj. Zaenab Hamin, M.Pd., dan Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu yang dikoordinator oleh Dr. Ir. H. Triyono Sudarmadji, M.Agr.

Untuk menunjang kegiatan peningkatan mutu di Univeraitas Mulawarman, mulai awal tahun 2007 sudah dibuat draft dokumen mutu di UPT. PPM UNMUL terdiri dari beberapa draft di tingkat universitas yaitu sperti Tabel 4.1.

Pelaksanaan Penjamin Mutu di Universitas Mulawarman dilaksanakan berdasarkan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan oleh UPT. PPM UNMUL, sampai pada akhir tahun 2007.  UPT. PPM telah menyiapkan beberapa perangkat penting yang sangat diperlukan untuk melaksanakan aktivitas peningkatan mutu, seperti kebijakan akademik, Standar akademik, manual mutu, standar mutu dll. dan LP3M Unmul baru mempuyai 3 orang staf yang sudah mengikuti AMAI sehingga mereka mempunyai kewenangan sebagai auditor mutu di Universitas Mulawarman.

 

Tabel 4.1. Draft Dokumen Mutu Universitas Mulawarman

I

Dokumen Mutu

II.

Dokumen AMAI

 

1. Kebijakan Akademik

 

1. Piagam AMAI

 

2. Standar Akademik

 

2. Standar AMAI

 

3. Manual Mutu (MM)

 

3. Manual Prosedur AMAI

 

4. Manual Prosedur (MP)

 

4. Kode Etik Auditor

 

5. Pedoman Spesifikasi Prog. Studi

 

 

 

Akan tetapi, karena ada kendala finansial yang dihadapi oleh PPM UNMUL, semua perangkat tersebut belum dapat diajukan ke tingkat senat Unmul untuk dibahas dan pada akhirnya disahkan menjadi dokumen sah.

Akhirnya mulai awal tahun 2008 adanya dana bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mulailah diajukanya draft 5 buku dokumen mutu yaitu buku (1) Kebijakan Akademik (KA-UNMUL), (2) Standar Akademik (SA-UNMUL), (3) Peraturan Akademik (PA-UNMUL), (4) Manual Mutu Akademik (MM-UNMUL), dan (5) Manual Prosedur Akademi (MP-UNMUL). ke senat universitas Universitas Mulawarman  komis I (Bidang Pengembangan Pendidikan) untuk dibahas.

Setelah melalui pembahasan yang panjang antara Pengurus Pusat Penjaminan Mutu Universitas Mulawarman dengan anggota senat universitas komisi I (Bidang Pengembangan Pendidikan) akhirnya di plenokan di senat universitas kemudian pada bulan Juli 2008 disahkanlah ke lima buku tersebut sebagai buku Dokumen Mutu Universitas Mulawarman untuk Periode 2008 – 2012.

Mulai tahun akademik 2008/2009 Universitas Mulawarman mulai mengimplimentasikan ke lima buku dokumen mutu tersebut sebagai Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, sehingga pada awal tahun 2008 Universitas Mulawarman di evaluasi oleh Tim Technical Assistance Quality dan Evaluasi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Perguruan Tinggi dari Dirjend Dikti.