LP3M

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu

Tentang Kami | Struktur Pengelola

 

TUPOKSI PERSONALIA LP3M

 

Ketua LP3M

  1. Menjadi Top Management bagi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di LP3M Universitas Mulawarman
  2. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap koordinator Kepala Pusat di LP3M Universitas Mulawarman
  3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas LP3M Universitas Mulawarman dan melaporkannya pada Rektor

 

Sekretaris LP3M

  1. Membantu Ketua LP3M Unmul sebagai Management Representative dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai business process berikut anggarannya
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat menyurat yang berkaitan dengan LP3M Universitas Mulawarman dan mengarsipkannya
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, Pelaksanaan dan Pengelolaan Manegement review rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental di LP3M Universitas Mulawarman.
  5. Bertanggung jawab kepada Ketua LP3M Universitas Mulawarman.

 

Kepala Pusat Standar Mutu

  1. Menyusun dan mengembangkan Standar Mutu berikut dokumentasi akademik dan non akademik di Universitas Mulawarman.
  2. Mengkoordinir pelaksanaan dan pemantauan Standar Mutu di Universitas Mulawarman.
  3. Mengkoordinir unit kerja di Universitas Mulawarman dalam menerapkan standar mutu Universitas Mulawarman
  4. Menyusun dan mengembangkan sistem audit mutu dalam rangka pelaksanaan Standar Mutu bertanggung jawab kepada ketua LP3M.

Sekretaris  pusat Standar Mutu bertugas :

  1. Membantu penyusunan Standar Mutu dan dokumentasinya di Universitas Mulawarman.
  2. Membantu mengkoordinir Unit kerja di unmul yang menerapkan standar mutu Universitas Mulawarman.
  3. Membantu pelaksanaan dan pemantauan Standar Mutu di Universitas Mulawarman.

 

Kepala Pusat Audit Internal dan Akreditasi

  1. Mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan sistem pendampingan penyusunan dokumen serta persiapan visitasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja.
  2. Mengkoordinir analisis kinerja asesor dan auditor internal akreditasi Program Studi.
  3. Melaksanakan audit sistem dan kepatuhan berikut laporannya.
  4. Melaksanakan evaluasi hasil audit untuk tindak lanjut perbaikan.
  5. Bertanggung jawab kepada ketua LP3M.

 

Sekretaris pusat Audit Internal dan Akreditasi

  1. Membantu mengkoordinir pelaksanaan, pemantauan dan pelaporan sistem pendampingan penyusunan dokumen serta persiapan visitasi akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja dalam rangka meningkatkan kualitas akreditasi/sertifikasi nasional dan internasional unit kerja.
  2. Membantu mengkoordinir analisis kinerja asesor dan auditor internal akreditasi Program Studi dan fakultas internal.
  3. Membantu penyusunan dan pengembangan sistem audit mutu.
  4. Membantu pelaksanaan audit sistem dan audit kepatuhan berikut laporannya.
  5. Membantu pelaksanakan evaluasi hasil audit untuk tindak lanjut perbaikan.

 

Kepala Pusat Pelatihan / Pengembangan Pendidikan.

  1. Mengkoordinir pelaksanaan AA, Pekerti, Soft Skill dan Pengembangan sumber belajar Universitas Mulawarman.
  2. Menilai dan mengupgrade sumber daya manusia (Pendidik dan Tenaga Kependidikan).
  3. Pengembangan standar belajar Universitas Mulawarman

 

 

Anggota pusat Pelatihan/Pengembangan Pendidikan

  1. Membantu mengkoordinir pelaksanaan AA, Pekerti, Soft Skill dan Pengembangan sumber  belajar Universitas Mulawarman.
  2. Membantu menilai dan mengupgrade sumber daya manusia (Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

 

Kepala Bagian Tata Usaha

Menjalankan fungsi koordinasi terhadap Sub Bagian Program dan Sub Bagian Umum dan Keuangan. Koordinasi dilaksanakan bertujuan untuk memperlancar urusan pelayanan administrasi lembaga. Kepala Bagian Tata Usaha dalam menjalankan fungsinya bertanggung jawab kepada Ketua LP3M

  1. Pelaksanaan penyusunan rencana program, kegiatan, dan anggaran Pengumpulan dan pengolahan data pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu
  2. Pelaksanaan urusan dokumentasi dan peublikasi hasil pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu
  3. Pemberi layanan informasi di bidang pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu
  4. Pelakasanaan urusan keuangan, kepegawaian, ketatalaksanaan, ketatausahaan, dan kerumahtanggaan serta pengelolaan barang milik negara di lingkungan lembaga

 

Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan

  1. Menyusun program kerja subbagian dan mempersiapkan rencana program kerja bagian sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya
  3. Memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  4. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karir
  5. Menyusun usulan anggaran Program LP3M
  6. Mengevaluasi peraturan perundang-undangan dibidang umum dan keuangan
  7. Melakukan urusan persuratan dan kearsipan LP3M
  8. Melakukan urusan penerimaan tamu pimpinan
  9. Mempersiapkan sarana pelaksanaan rapat dinas, upacara resmi dan pertemuan kepala pusat dan Gugus Jaminan Mutu Fakultas (GJMF)
  10. Melakukan penyusunan instrumen pemantauan kegiatan ketatausahaan, kerumahtanggaan dan perlengkapan
  11. Menyusun penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pembukuan dan pertanggung jawaban keuangan
  12. Menyusun penyimpanan dokumen an surat di bidang ketatausahaan, kerumatanggaaan dan perlengkapan
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas subbagian umum dan keuangan untuk mengetahui permasalahan dan pemecahannya
  14. Menyusun laporan subbagian umum dan keuangan sebagai pertangguung jawaban pelaksanaan tugas

 

Staf Subbagian Umum dan Keuangan

  1. Membantu atasan menyusun program kerja subbagian dan mempersiapkan rencana program kerja bagian sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Menjalankan  tugas sesuai perintah atasan
  3. Membantu dalam  kelancaran pelaksanaan tugas pada Subbagian Umum dan Keuangan
  4. Membantu menyusun usulan anggaran Program di LP3M
  5. Membantu mengevaluasi peraturan perundang-undangan dibidang umum dan keuangan
  6. Membantu  urusan persuratan dan kearsipan di LP3M
  7. Membantu urusan penerimaan tamu pimpinan
  8. Membantu mempersiapkan sarana pelaksanaan rapat dinas, upacara resmi dan pertemuan kepala pusat dan Gugus Jaminan Mutu Fakultas (GJMF)
  9. Membantu melakukan penyusunan instrumen pemantauan kegiatan ketatausahaan, kerumahtanggaan dan perlengkapan
  10. Membantu menyusun penerimaan, penyimpanan, pengeluaran, pembukuan dan pertanggung jawaban keuangan

 

Kepala Sub Bagian Program

  1. Menyusun rencana dan program kerja Subbagian Program LP3M sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Mengumpulkan data-data program Kepala Pusat Studi LP3M
  3. Membuat data informasi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan
  4. Membagi tugas kepada staf sesuai dengan bidangnya
  5. Memberi petunjuk kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  6. Menilai prestasi kerja bawahan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan karirMengevaluasi instrumen pengumpulan dan pengolahan data serta statistik kegiatan LP3M sesuai kebutuhan
  7. Memeriksa hasil pengolahan dan analisis data LP3M untuk mengetahui kebenarannya
  8. Menyusun rencana penyebarluasan program LP3M agar sesuai dengan sasaran
  9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Subbagian Data dan Informasi untuk mengetahui permasalahan dan pemecahannya
  10. Menyusun laporan Subbagian Data dan Informasi sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas
  11. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan

 

Staf Sub Bagian Program LP3M

  1. Membantu menyusun rencana dan program kerja Subbagian Program LP3M sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  2. Membantu mengumpulkan data-data program Kepala Pusat Studi LP3M
  3. Membantu membuat data informasi pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu pendidikan
  4. Membantu pelaksanaan tugas di subbag. Program LP3M
  5. Membantu mengevaluasi instrumen pengumpulan dan pengolahan data serta statistik kegiatan LP3M sesuai kebutuhan
  6. Membantu memeriksa hasil pengolahan dan analisis data LP3M untuk mengetahui kebenarannya
  7. Membantu menyusun rencana penyebarluasan program LP3M agar sesuai dengan sasaran
  8. Membantu pelaksanaan tugas Subbagian Data dan Informasi untuk mengetahui permasalahan dan pemecahannya
  9. Membantu menyusun laporan Subbagian Data dan Informasi sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas
  10. 10.  Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan